Tenaga Kerja, Angkatan Kerja, Dan Kesempatan Kerja

1.1 Tenaga Kerja  adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. Menurut pengertian ini, setiap orang yang mampu bekerja disebut sebagai tenaga kerja. Ada banyak pendapat mengenai usia dari para tenaga kerja ini, ada yang menyebutkan diatas 17 tahun ada pula yang menyebutkan di atas 20 tahun, bahkan ada yang menyebutkan diatas 7 tahun karena anak-anak jalanan sudah termasuk tenaga kerja. Namun bagaimanapun itu kita fokuskan saja pada kemampuan orangnya yang mampu menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhannya atau kebutuhan masyarakat.

1.2 Angkatan Kerja adalah jumlah penduduk yang terdapat dalam suatu perekonomian pada suatu waktu tertentu yaitu semua orang yang mampu dan bersedia bekerja

1.3 Kesempatan Kerja adalah memenfaatkan sumber daya manusia untuk menghasilkan barang dan jasa. Kegiatan ekonomi di masyarakat membutuhkan tenaga kerja. Kebutuhan akan tenaga kerja itu dapat juga di sebut sebagai kesempatan kerja ( demand for labor ).
Semakin meningkat pembangunan, semakin besar pula kesempatan kerja yang tersedia. Hal ini berartti semakin besar pula pemintaan akan tenaga kerja. SEbalik nya, semakin besar jumlah penduduk, semakin besar pula kebutuhan akan lowongan pekerjaan ( kesempatan kerja ).

2. Angkatan kerja dan tenaga kerja hampir sama yg membedakan hanya usia dan waktunya saja,sementara kesempatan kerja itu semua SDM yang mampu menghasilkan barang atau jasa

3. Pasar Tenaga Kerja adalah tarik-menarik antara permintaan tenaga kerja dengan jumlah tenaga kerja yang di tawarkan. Faktor utama naik turunnya jumlah permintaan dan penawaran tenaga kerja biasanya adalah : besar kecilnya gaji yang akan diperoleh tenaga kerja dan besar kecilnya gaji yang akan dibayarkan kepada tenaga kerja.

  PRINSIP PASAR TENAGA KERJA yaitu dimana pekerja harus berusaha mendapatkan hasil upah yang sebesar-besarnya untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. Demikian juga dengan pemberi kerja akan berusaha mengeluarkan upah yang serendah-rendahnya dengan maksud untuk meminimkan biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja.


Sumber nya nih :
http://www.galeripustaka.com/2013/04/pasar-tenaga-kerja.html#ixzz2dkDVVuoK
http://ekoxi.blogspot.com/2009/12/angkatan-kerja-tenaga-kerja-kesempatan.html

http://milanistyriza.blogspot.com/2009/11/tenaga-kerja-angkatan-kerja-kesempatan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tipe Pria Menurut Tindakannya Setelah Ditolak

7 Keterampilan Leadership